Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility
Glossarium Hak Asasi Manusia

Daftar Kosa Kata Hak Asasi Manusia

Hak untuk Bersenang-senang

Penjelasan Kosa Kata :

Salah satu hak ekonomi, sosial, dan budaya yang mengatur hak seseorang untuk beristirahat dan menggunakan waktu istirahatnya untuk bersenang-senang. Hak ini juga termasuk pengaturan dan pembatasan jam kerja yang wajar serta hak untuk mendapatkan waktu liburan yang dibayar secara berkala.

Hak untuk Dilupakan

Penjelasan Kosa Kata :

"Hak untuk dilupakan" mengacu pada keadaan yang memungkinkan individu untuk meminta dari mesin pencari untuk menghapus daftar informasi tentang mereka yang muncul setelah pencarian nama mereka. "Hak untuk dilupakan" juga dapat merujuk pada permintaan kepada host situs web untuk menghapus informasi tertentu. Lebih luas lagi, dianggap sebagai hak individu "untuk menentukan sendiri kapan, bagaimana, dan sejauh mana informasi tentang mereka dikomunikasikan kepada orang lain" atau sebagai hak yang memberi individu kontrol yang lebih besaratas informasi tentang mereka.

Hak-Hak yang Dapat Dibatasi/Dikurangi (Derogable Rights)

Penjelasan Kosa Kata :

Seperangkat hak-hak yang boleh dibatasi atau dikurangi pemenuhannya oleh negara-negara Pihak secara sementara dalam konteks adanya kondisi 'keadaan darurat', yang penerapannya mewajibkan negara pihak untuk melapor ke Komite terkait 'keadaan darurat' yang dimaksud.7Di Indonesia, pengurangan atau pembatasan HAM hanya boleh ditetapkan oleh Undang-Undang dengan maksud semata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.Penggunaan frasa/ kata kerja dari Hak yang dapat Dikurangi/Dibatasi dapat diterapkan menurut kondisi dan situasi, diantaranya:
Hak atas privasi dapat dibatasi dalam konteks penyadapan, namun pengaturan mengenai penyadapan harus ditetapkan dalam Undang-Undang agar dapat diakui. Misal suatu instansi/pemerintah/negara melakukan penyadapan kepada individu hanya berdasarkan peraturan perundang-undangan dibawah Undang-Undang, contoh Peraturan Pemerintah maka penyadapan tersebut melanggar HAM.

Hak-Hak yang Tidak Dapat Dibatasi/Dikurangi (Non-Derogable Rights)

Penjelasan Kosa Kata :

Seperangkat hak yang tidak dapat dikurangi/dibatasi dalam keadaan apapun. Keadaan apapun diantaranya termasuk perang, sengketa bersenjata, dan/atau keadaaan darurat. Berdasarkan Pasal 4 ayat 2 ICCPR terdapat tujuh hak yang bersifat non-derogable, yaitu:

1. Pasal 6 : Hak untuk hidup.
2. Pasal 7 : Hak bebas dari penyiksaan dan perlakuan lain yang tidak manusiawi atau merendahkan martabat manusia.
3. Pasal 8 ayat (1) dan (2) : Hak bebas dari perbudakan.
4. Pasal 11 : Hak bebas dari pemenjaraan karena ketidakmampuan dari memenuhi kewajiban kontraktual.
5. Pasal 15 : Hak bebas dari hukum pidana yang bersifat retroaktif.
6. Pasal 16 : Hak untuk diakui di depan hukum.
7. Pasal 18 : Hak kebebasan berpikir, hati nurani, dan beragama.

Hukum Kemanusiaan Internasional (Humanitarian Law)

Penjelasan Kosa Kata :

Seperangkat hukum, yang umumnya berdasarkan Konvensi Jenewa, yang bertujuan melindungi orang-orang tertentu dalam konflik bersenjata, membantu korban, dan membatasi metode pertempuran untuk meminimalisir kerusakan, kehilangan nyawa, dan penderitaan manusia yang tidak perlu.

Intoleransi (Intolerancy)

Penjelasan Kosa Kata :

Wujud dari sikap seseorang atau kelompok dalam interaksinya untuk tidak menerima sesuatu yang kurang atau lebih dari standar yang sebenarnya. Intoleransi adalah sikap batin seseorang dalam menyikapi perbedaan.

Kebebasan Berkesenian

Penjelasan Kosa Kata :

Kebebasan untuk membayangkan, membuat dan mendistribusikan ekspresi budaya yang beragam tanpa sensor dari pemerintah, campur tangan politik atau tekanan aktor non-negara. Ini termasuk hak semua warga negara untuk memiliki akses ke karya-karya ini dan penting untuk kesejahteraan masyarakat.

Kebebasan Berpendapat (Freedom of Speech)

Penjelasan Kosa Kata :

Hak untuk menyatakan pendapat atau berekspresi, hak ini termasuk di dalamnya kebebasan untuk mencari, menerima, dan memberikan informasi dan pemikiran apapun, dalam berbagai bentuk seperti secara lisan, tertulis, cetakan, karya seni, atau melalui media lainnya.

Kebebasan Berpikir (Freedom of Thought)

Penjelasan Kosa Kata :

Kebebasan dalam berpikir yang bersifat luas dan mendalam mengenai segala hal, kepercayaan pribadi, dan komitmen terhadap agama atau kepercayaan, baik yang dilakukan individual maupun secara bersama-sama dengan orang lain.

Kejahatan Terhadap Kemanusiaan (Crimes Against Humanity)

Penjelasan Kosa Kata :

Rangkaian perbuatan yang dilakukan secara meluas dan/atau sistematis yang ditujukan kepada suatu kelompok penduduk sipil. Perbuatan tersebut mencakup diantaranya; pembunuhan; pemusnahan; perbudakan; pemindahan paksa; pemenjaraan; penyiksaan; pemerkosaan; penganiayaan; penghilangan paksa; kejahatan apartheid serta perbuatan tidak manusiawi lain.