Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility

Apa itu Audit HAM?

Apa itu Audit HAM?
Audit HAM merupakan proses pemeriksaan yang terencana dan sistematis atas berbagai aspek hukum dan perundang-undangan yang telah diambil oleh Intansi Negara yang berpotensi melanggar HAM sesuai standar HAM.

Latar Belakang

Sampai dengan saat ini belum terdapat metode yang dapat mengukur kepatuhan atas prinsip-prinsip hak asasi manusia yang di selenggarakan secara komperhenship dan berkelanjutan yang mampu mendorong Negara untuk semakin patuh akan kewajibanya terhadap hak asasi manusia. Keberadaan Komnas HAM dalam mengusung program Audit HAM, merupakan kontribusi nyata dan sebagai rujukan bagi para aparatur negara untuk melakukan upaya pencegahan terhadap potensi pelanggaran HAM yang dilakukan oleh aparatur negara di Intansi Negara.

Tujuan Audit HAM:

Tujuan Audit HAM:
Mendorong agar Instansi Negara mampu mewujudkan kewajiban menghormati, memenuhi dan melindungi HAM setiap warga negara secara optimal.

Landasan Di Bentuknya Audit HAM

1. Filosofis
Setiap warga negara memiliki HAM yang melekat karena harkat dan martabatnya sebagai manusia. Oleh karena itu, adalah kewajiban utama dari Negara sebagai pemangku kewajiban untuk secara terus-menerus penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan HAM
2. Yuridis
HAM telah diakui dijamin oleh Hukum Hak Asasi Manusia Nasional dan Hukum Hak Asasi Manusia International
3. Empiris
Komnas HAM RI masih menerima berbagai pengaduan dari masyarakat terkait indikasi pelanggaran hak asasi manusia dari berbagai klasifikasi hak.